BIMTEK SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA (SIPP) WILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI JAYAPURA

JAYAPURA – Pada hari Selasa, 16 Mei 2017 Dirjen Badan Peradilan Umum menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis  Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jayapura bertempat di Hotel Aston Jayapura.  Dalam bimtek yang diselenggarakan mulai tanggal 16 – 18 Mei 2017 ini dihadiri peserta dari seluruh Pengadilan Negeri seprovinsi Papua dan Papua Barat diantaranya Ketua Pengadilan, Panitera, Panitera Muda dan Operator IT.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura bapak NASARUDDIN TAPPO, SH. MH. menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Badilum atas kesediannya mengadakan bimtek ini dengan harapan agar hasil dari kegiatan ini dapat diimplementasikan/dilaksanakan di satker masing-masing dengan penuh rasa tanggung jawab dalam rangka pelayan kepada masyarakat. Dalam kesempatan ini juga beliau menyampaikan amanat kepada para Ketua Pengadilan Negeri seprovinsi Papua & Papua Barat beserta jajarannya yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk memegang teguh 10 poin penting dalam bekerja, yaitu:

  1. SDM yang kompeten, jangan pernah jenuh berkerja dan terus belajar;
  2. Pengawasan internel yang efektif;
  3. Pelayanan yang berkualitas kepada para pencari keadilan dan masyarakat
  4. Manajemen informasi yang handal;
  5. Kegiatan yang berbasis IT dalam rangka menuju peradilan yang modern;
  6. Kekuasaan kehakiman yang efektif dan berkeadilan;
  7. Penyerapan anggaran yang berbasis kinerja;
  8. Organisasi yang terarah dan terukur;
  9. Proses penanganan perkara yang sederhana, cepat, tepat waktu, biaya ringan dan transparan;
  10. Lingkungan kerja yang kondusif dan solid.

Untuk mencapai itu semua diperlukan kepemimpinan yang kuat dan beritegritas dengan menanamkan motifasi untuk bekerja keras, kerja ikhlas, dan kerja cerdas.

Dalam sambutan berikutnya bapak ATJA SONDJAYA menekankan tentang  Sumber Daya Manusia yang kompeten, beliau menyampaikan bahwa sebagaimanapun bainya suatu peraturan jika SDM jelek maka hasilnyapun akan jelek dan sebagaimanapun jeleknya peraturan jika SDM bagus maka akan bagus pula hasilnya. SDM yang kompeten/berkualitas, bekerja dengan cerdas dan ikhlas maka keberhasilan akan tercapai.

Kegiatan acara pembukaan ini diakhiri dengan pembacaan doa. Kemudian kegiatan akan dilanjutkan keesokan harinya yang akan dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas untuk para pimpinan pengadilan dan kelas untuk para operator IT. (as)