PELATIHAN BERKELANJUTAN BAGI PANITERA PENGGANTI & JURUSITA/JURUSITA PENGGANTI

SORONG -  Pada hari Selasa, 16 Mei 2017 bertempat di Hotel Swiss Bell Sorong, EU-UNDP SUSTAIN berkerjasama dengan Balitbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI mengadakan Pelatihan Berkelanjutan Bagi Panitera Pengganti (PP) & Jurusita/Jurusita Pengganti (JS/JSP) dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Jayapura sebanyak 23 orang Panitera Pengganti dan 18 orang Jurusita/Jurusita Pengganti.

Kegiatan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 16-18 Mei 2017 ini merupakan diklat berkelanjutan untuk Panitera Pengganti dan Jurusita Pengganti, putaran pertama telah dilaksanakan di Bandung, Surabaya, Manado dan Kupang yang menyertakan 300 Panitera Pengganti & Jurusita Pengganti.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para Panitera Pengganti & Jurusita/Jurusita Pengganti dalam wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jayapura dalam membuat Berita Acara Persidangan dan pemahaman Kode Etik  sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh Mahkamah Agung RI.

Perubahan metode pembelajaran dilakukan oleh trainer dalam pelatihan berkelanjutan putaran dua ini dengan menambahkan beberapa materi dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta melalui praktek secara realtime dan untuk kelas Jurusita/Jurusita Pengganti akan melakukan praktek pembuatan pembuatan panggilan dan bedah kasus tentang penyitaan dan eksekusi.

dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia khusunya bagi Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Jayapura. (as)