PERTEMUAN KOMISI III DPR RI DENGAN 4 (EMPAT) LINGKUNGAN PERADILAN MA-RI DI PROVINSI PAPUA

JAYAPURA-HUMAS, Kamis, 19 Maret 2014, pukul 15.00 WIT, bertempat di Hotel Aston Jayapura, berlangsung pertemuan antara Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (bidang Hukum, Perundang-undangan, HAM dan Keamanan) dengan 4 (empat) jajaran peradilan di lingkungan Mahkamah Agung RI di Provinsi Papua.

Pertemuan tersebut dalam rangka kunjungan kerja Komisi III DPR RI ke Provinsi Papua pada Reses Masa Persidangan II Tahun Sidang 2014-2015.

Pertemuan dihadiri oleh :

- Anggota Komisi III DPR RI ;

  1. DR. Benny K. Harman, S.H.
  2. John Kenedy Azis, S.H.
  3. Dra. Wenny Haryanto, S.H.
  4. Wihadi Wiyanto, S.H.
  5. I Putu Sudiartana
  6. H. Yaqui Cholil Qoumas
  7. H. TB Soemandjaja, SD.

- Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura ;

- Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura ;

- Ketua Pengadilan Negeri dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Jayapura ;

- Ketua Pengadilan Agama dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Jayapura ;

- Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Jayapura ;

- Kepala Pengadilan Militer III-19 Jayapura ;

- Rombongan Tim dan Penghubung Kunjungan Kerja Komisi III DPR RI.

Acara dimulai dengan pemaparan dari Ketua Tim, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua komisi III DPR RI, Bpk. DR. Benny K. Harman, S.H. mengenai maksud dan tujuan kedatangan Tim Kunjungan Kerja Komisi III DPR RI, yaitu dalam rangka melaksanakan tugas pokok Dewan Perwakilan Rakyat.

Dalam kesempatan ini, para peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan baik secara lisan maupun tertulis mengenai situasi, kondisi dan masalah yang ada dalam wilayah satuan kerja masing-masing, serta memberikan usul dan saran yang menjadi masukan bagi Komisi III DPR RI.

Dari hasil pemaparan tersebut terdapat beberapa permasalahan mengenai anggaran, SDM, Hukum Acara dan wilayah geografis Tanah Papua. Pemaparan masalah tersebut ditampung oleh Komisi III DPR RI untuk selanjutnya menjadi bahan dalam rancangan penyusunan dan revisi Undang-undang.

Acara berlangsung dengan tertib dan lancar, diselingi dengan menyanyikan secara bersama-sama lagu Tanah Papua, dan diakhiri dengan pemberian cinderamata, foto bersama, ramah tamah dan jamuan makan malam bersama. (jm).