SOSIALIASI DAN BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI SIWAS Versi 2.0

JAYAPURA – EU-UNDP SUSTAIN berkerjasama dengan Pengadilan Tinggi Jayapura melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis  Aplikasi SIWAS versi 2.0. Kegiatan tersebut dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama yaitu Sosialisasi Aplikasi Siwas bagi seluruh aparatur Pengadilan Tinggi Jayapura dan sesi kedua adalah bimtek bagi Panitera Muda Hukum, Petugas Pengaduan dan IT.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut diawali oleh sambutan dari Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura, NASARUDDIN TAPPO, SH. MH. beliau menyampaikan ucapan terimkasih kepada tim SUSTAIN dalam pelaksanaan kegiatan ini dan berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus menerus dilaksanakan demi kemajuan kualitas SDM aparatur peradilan khususnya Pengadilan Tinggi Jayapura dan Pengadilan Negeri seprovinsi Papua & Papua Barat dalam hal penanganan Pengaduan melalui Aplikasi SIWAS MA-RI.

Dalam sambutannya CTA/Pimpinan Proyek SUSTAIN, GILLES BLANCHI Menyampaikan bahwa SUSTAIN merupakan suatu proyek dari EU-UNDP bekerjasama dengan Mahkamah Agung RI yang bertujuan memberikan dukungan dalam rangka pembaruan peradilan. Proyek Uni Eropa-UNDP ini dimulai awal tahun 2015. Proyek ini akan dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan penekanan khusus pada pengadilan percontohan diantaranya adalah Pengadilan Tinggi Jayapura, Pengadilan Negeri Jayapura dan Pengadilan Negeri Sorong sebagai salah satu pilot projec dalam proyek SUSTAIN ini. Pelatihan akan diberikan kepada hakim dan personil non-hakim secara terus menerus.

Pada sesi pertama bertempat di aula Pengadilan Tinggi Jayapura, dalam meteri sosialiasi Aplikasi SIWAS versi 2.0 ini merupakan pembaruan dari Aplikasi SIWAS versi 1.0 dimana masih ada kekurangan/kendala dalam aplikasi versi pertama tersebut. Dengan aplikasi versi baru ini diharapkan proses penanganan pengaduan dapat berjalan dengan cepat, transparan dan akuntabel.

Pada sesi kedua materi bimtek dilaksanakan di ruang yang berbeda agar kegiatan tersebut lebih fokus kepada pejabat/petugas yang menangani langsung proses penanganan pengaduan. Kegiatan sesi kedua diikuti oleh Panmud Hukum, Petugas Pengaduan dan IT, kegiatan ini lebih menekankan pada proses penganan pengaduan dalam aplikasi SIWAS versi 2.0 dimana ada penambahan user baru untuk Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura selaku pengambil keputusan dilevel pengadilan tingkat banding.

Kegiatan Sosialiasi dan Bimtek Aplikasi SIWAS versi 2.0 ini tidak hanya dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Jayapura, di hari yang sama tim SUSTAIN juga akan melakukan kegiatan yang sama di PN Jayapura, PTA Jayapura dan akan dilanjutkan di PN Sorong keesokan harinya. (as)