UPACARA HUT MAHKAMAH AGUNG RI KE 71

Hari jadi Mahkamah Agung ditetapkan pada tanggal 19 Agustus seiring dengan pengangkatan Prof. Dr. R.S.E Koesoemah Atmadja sebagai ketua Mahkamah Agung RI pertama oleh Predisen Soekarno pada tanggal 19 Agustus 1945. kemudian Hari jadi ini diresmikan berdasarkan keputusan Ketua Mahkamah Agung RI KMA/043/SSK/VIII/1999 tentang penetapan Hari Jadi Mahkamah Agung RI.

Upacara dalam Rangka Memperingati HUT Mahkamah Agung ke-71 di Lapangan Kantor Pengadilan Tinggi Agama yang di hadiri keempat badan peradilan, PT Jayapura, PTA Jayapura, PT TUN dan Dilmil Jayapura.

Dalam amanat  Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura  Nasaruddin Tappo, SH., MH selaku Inspektur Upacara.

dalam era negara demokrasi modern saat ini, kepercayaan publik/masyarakat terhadap lembaga publik sangatlah penting. kepercayaan masyarakat sebagai pemegang kedaulatan negara kepada lembaga peradilan sudah sepatutnya dibalas dengan kinerja yang amanah dengan menunjukkan kinerja yang profesional dan berintegritas. maka tema Hari Jadi Mahkamah Agung tahun ini adalah “PENGUATAN AKUNTABILITAS PERADILAN DALAM RANGKA MENGGAPAI KEMBALI KEPERCAYAAN PUBLIK”.

oleh karena itu ada dua amanah yang harus dijalankan oleh segenap lembaga peradilan dan aparaturnya. pertama, agar segenap aparatur peradilan mampu menjaga perilakunya.

kedua, agar pengadilan tingkat banding dapat melaksanakan tugasnya menjadi kawal depan (voorpost) Mahkamah Agung dalam menerapkan dan mengawasi kebijakan.

sebagai  warga Mahkamah Agung kita harus bangga atas tanggung jawab kita masing-masing untuk dapat melayani masyarakat sepenuh hati dalam rangka menjaga kemerdekaan bangsa Indonesia secara seutuhnya, dengan berbuat kebaikan dan kebenaran berlandaskan kedisiplinan dan semoga Allah SWT meridhoi segala upaya kita ini. amin

setelah Upacara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan pembagian hadiah bagi yang berlomba, dalam memeriahkan HUT RI dan HUT Mahkamah Agung RI ke 71. adminIT