img_head
BERITA
Cetak halaman iniPrint

ASSESMENT TIM AKREDITASI PENJAMINAN MUTU BADAN PERADILAN UMUM MAHKAMAH AGUNG RI PADA PENGADILAN TINGGI JAYAPURA

Nov08

Telah dibaca : 45 Kali


JAYAPURA - Tim Assesmen Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI melakukan assesmen di Pengadilan Tinggi Jayapura. Kedatangan tim ini berdasarkan permohonan Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura beberapa waktu sebelumnya untuk dilakukan penilaian terkait Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Tinggi Jayapura. Tim assesmen yang dipimpin oleh Direktur Pembinaan Teknis Badan Peradilan Umum Dr. Haswandi, SE. SH. M.Hum. dan didampingi oleh Herti Setiawati RR, SH. MH., Roslina Napitupulu, SH. MH., dan Candra, SH. tiba di Jayapura pada Selasa 7 November 2017 yang sebelumnya juga telah melakukan assesmen pada Pengadilan Negeri Kota Timika satu hari sebelumnya.

Sebelum melakukan proses assesmen, bertempat di Aula Serba Guna Pengadilan Tinggi Jayapura, Bapak Haswandi di dampingi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura Bapak Nyoman Gede Wirya dan tim assesmen, melakukan Opening Meeting. Dalam opening meeting yang dihadiri oleh seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan Tinggi Jayapura Tim Assesmen menyampaikan rencana assesmen dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman serta pembacaan Ikrar Bersama oleh seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan Tinggi Jayapura.

Tujuan dari assesmen ini adalah:

  1. Untuk melihat penerapan Standar Akreditasi Penjaminan Mutu Badilum di Pengadilan Tinggi Jayapura
  2. Untuk melihat proses kerjasama dan sinergitas dalam penerapan APM Badilum di Pengadilan Tinggi Jayapura
  3. Merekomendasikan Akreditasi Penjaminan Mutu Badilum di Pengadilan Tinggi Jayapura

Assesmen di Pengadilan Tinggi Jayapura ini merupakan assesmen pertama yang dilakukan oleh Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Badilum. Dalam proses assesmen dimulai dengan lokasi proses 4 Pilar Pimpinan (Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris) berhubung Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura sedang menghadiri undangan pembinaan Ketua Mahkamah Agung di Jakarta maka hanya Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris yang dilakukan asesmen untuk melihat peranan pimpinan dalam memberikan pengarahan/bimbingan terkait proses akreditasi. Asesmen selanjutnya dilakukan kepada Dokumen Control (DC), Auditor Internal (AI), Teknikal Operasional dan Survey Kepuasan Masyarakat untuk mengetahui proses pendokumentasian, sistem monitoring dan evaluasi melalui program audit internal serta proses survey kepuasan masyarakat terkait dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Pengadilan Tinggi Jayapura. Tahap ketiga yang menjadi tujuan asesmen adalah bagian Kepaniteraan dan Kesekretariatan  untuk mengetahui sejauh mana proses administrasi yang berstandar mutu akreditasi sudah diterapkan.

Assesmen yang dilakasanakan sampai dengan jam satu dini hari ini diakhiri dengan pembacaan hasil asesmen, dimana dalam proses asesmen tersebut masih ditemukan beberapa kekurangan yang tentunya perlu dibenahi. Pengadilan Tinggi Jayapura siap melakukan pembenahan/perbaikan terhadap kekurangan/ketidaksesuaian tersebut secara terus menerus dan berkesinambungan sampai dengan hasil yang memuaskan, dengan harapan Pengadilan Tinggi Jayapura dapat memberikan pelayanan yang bermutu dan berkualitas kepada masyarakat.

Pengadilan Tinggi Jayapura "JAYA" - Jujur, Adil, Yakin, Amanah

 

  • Galeri