img_head
BERITA

PELAKSANAAN UJIAN KOMPETENSI JABATAN STRUKTURAL DALAM WILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI JAYAPURA

Apr11

Telah dibaca : 249 Kali


JAYAPURA - Pengadilan Tinggi Jayapura mengadakan seleksi/ujian kompetensi jabatan struktural dilingkungan pengadilan dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Jayapura. Ujian kompetensi jabatan struktural yang dilaksanakan pada tanggal 10 April 2018 ini dihadiri oleh peserta yag sebelumnya telah mendaftar untuk mengisi kekosongan jabatan struktural di pengadilan se provinsi Papua dan Papua Barat.

Ujian kompetensi jabatan ini dilaksanakan dengan tujuan salah satunya untuk merubah paradigma bahwa suatu jabatan hanya dapat diduduki oleh orang-orang yang mempunyai kedekatan khusus dengan pimpinan pengadilan. kegiatan ini lebih ditujukan untuk mengetahui tingkat kemampuan/kompetensi aparatur pengadilan yang memenuhi syarat secara administrasi untuk menduduki suatu formasi jabatan struktural sehingga dalam pelaksanaan tugas nantinya dapat menguasai pekerjaan sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing dengan penuh integritas dan rasa tanggungjawab yang tinggi sebagai salah satu pengambil keputusan/kebijakan dalam unitnya masing-masing.

Dalam Undang-undang ASN nomor 5 Tahun 2014 dimana dalam pengembangan karier PNS dilakukan dengan berdasarkan Kualifikasi, Kompetensi dan Kinerja dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas, atas dasar tersebut Pengadilan Tinggi Jayapura merubah metode pengusulan jabatan PNS yang terlebih dahulu harus lulus ujian kompetensi.

Adapun materi dalam ujian kompetensi tersebut adalah:

  1. Penyusunan Makalah dengan substansi tugas pokok dari jabatan yang akan diduduki. Judul makalah diberitahukan kepada peserta pada hari itu dan peserta diberi waktu selama 3 jam untuk menyusun makalah yang judulnya ditentukan oleh KPT Jayapura.
  2. Wawancara terkait pemahaman tusi jabatan, pemahaman Peraturan Perundang-undangan, Integritas, Moralitas, Disiplin, Tanggungjawab, inovasi dan strategi planning yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi jabatan yang akan diduduki dari masing-masing peserta.
  3. Pengusaan Aplikasi, dalam ujian penguasaan aplikasi difokuskan kepada aplikasi-aplikasi yang merupakan tanggungjawab personal dari masing-masing peserta diantaranya aplikasi SIPP, eLHKPN, dan e-LLK. tujuan utama dari materi ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta tentang teknologi informasi yang merupakan tuntutan era digitalisasi yang terus berkembang saat ini

 

Adapun kekosongan jabatan struktural dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Jayapura sampai dengan 1 Mei 2018 adalah:

  • Kabag Perencanaan dan Kepegawaian Pengadilan Tinggi Jayapura (eselon III)
  • Sekretaris Pengadilan Negeri Jayapura (eselon III)
  • Sekretaris Pengadilan Negeri Merauke (eselon IV)
  • Panitera Pengadilan Negeri Merauke (setingkat eselon IV)

 

Dengan dilaksanakannya ujian kompetensi ini diharapkan Pengadilan Tinggi memiliki calon pejabat yang memang sudah menguasai bidang/tugas pokok yang akan didudukinya dengan harapan kedepan mampu menjadi seorang pemimipin yang memiliki integritas dan moralitas yang tinggi demi mendukung kemajuan peradilan.

Selanjutnya peserta yang dinyatakan lulus dengan peringkat 3 tertinggi akan diusulkan ke Mahkamah Agung untuk menduduki jabatan struktural sesuai formasi dilingkungan Pengadilan Tinggi Jayapura dan peradilan dibawahnya. 

 

 

 

  • Galeri