img_head
BERITA

UPACARA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI JADI MAHKAMAH AGUNG RI KE 73

Agu18

Telah dibaca : 57 Kali


JAYAPURA - Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, SH. MH. bertindak sebagai inspektur upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi Mahkamah Agung RI ke 73 Tahun 2018. Upacara dimulai pukul 07.00  WIT bertempat di halaman kantor Pengadilan Tinggi Agama Jayapura. Dalam upacara tersebut dihadiri oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural dan Pegawai dari 4 lingkungan peradilan dalam wilayah Kota Jayapura sebagai peserta upacara.

Pada Hari Jadi Mahkamah Agung RI tahun 2018 kali ini dengan tema "ERA BARU PERADILAN MODERN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI". Dalam pidatonya, inspektur upacara menyampaikan amanat dari Ketua Mahkamah Agung RI dimana terdapat poin penting dalam pidato tersebut adalah sebagai berikut:

"Tuntutan masyarakat terhadap layanan yang diberikan lembaga peradilan semakin meningkat seiring dengan makin massifnya informasi yang sampai ke publik. Saat ini segala sesuatu yang terkait dengan lembaga peradilan sekecil apa pun itu akan menjadi besar jika berkaitan dengan kepuasan publik terhadap pelayanan yang kita berikan. Para Hakim dan seluruh aparatur peradilan dituntut untuk bekerja keras lagi agar mampu mewujudkan ekspektasi masyarakat yang begitu tinggi kepada lembaga peradilan. Faktor integritas dan profesionalitas aparatur menjadi indikator utama dalam membangun kepercayaan publik.

Seiring dengan semakin baiknya pelayanan yang diberikan oleh lembaga peradilan kepada masyarakat dan para pencari keadilan, maka kepercayaan publik berangsur-angsur akan terus meningkat. Kita telah memiliki modal yang besar untuk mewujudkan itu semua karena sebagian besar pengadilan diseluruh Indonesia telah mendapatkan predikat terakreditasi, namun perlu diingat bahwa yang menjadi tolok ukur uatama bagi pengadilan adalah mampu memberikan putusan yang berkualitas bagi pihak-pihak yang berperkara.

Tantangan untuk mewujudkan lembaga peradilan yang unggul  dengan salah satu parameternya yaitu peradilan yang efektif dan efisien bukanlah pekerjaan yang mudah. Mahkamah Agung mendorong pemanfaatan teknologi Informasi sebagai bagian dari modernisasi lembaga peradilan yang dapat membantu mengatasi segala hambatan dan rintangan demi tercapainya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan. Penerapan teknologi informasi diyakini memberikan keuntungan dari segi kecepatan, konsistensi, ketepatan dan keandalan.

Dengan segala upaya yang telah kita lakukan dalam mendukung reformasi lembaga peradilan khususnya dalam pemanfaatan teknologi informasi oleh lembaga peradilan di Indonesia, maka dalam momentum Hari Jadi Mahkamah Agung ke-73 ini, dicanangkan "ERA BARU PERADILAN MODERN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI" dengan harapan bahwa di era ini seluruh warga peradilan dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan teknologi informasi sehingga lebih adaptif dengan sistem elektronik yang ada untuk menunjang pelaksanaan tugas peradilan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel"

*Amanat Ketua Mahkamah Agung RI selengkapnya dapat didownload pada lampiran

 

Upacara sempat beberapa kali ditunda dikarenakan cuaca yang kurang mendukung, namun pada akhirnya upacara dapat terlaksana dengan penuh hikmat sampai dengan selesai.

Seusai upacara dilaksanakan dilanjutkan dengan senam bersama, tampak antusias dari seluruh warga peradilan yang hadir dalam mengikuti senam tersebut dan di penghujung kegiatan pada hari ini dilakukan pemotongan tumpeng serta penyerahan hadiah bagi pemenang lomba-lomba dalam memeriahkan Hari Jadi Mahkamah Agung ke 73