img_head
BERITA

SOSIALISASI PERMA NOMOR 3 TAHUN 2018 TENTANG ADMINISTRASI PERKARA DI PENGADILAN SECARA ELEKTRONIK

Okt29

Telah dibaca : 40 Kali


JAYAPURA - Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura Setyawan Hartono, SH. MH. membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh aparatur pengadilan negeri yang terkait dengan administrasi perkara perdata dan admin IT/SIPP sebagai peserta. Kegiatan dilaksanakan selama 1 (satu) hari kerja yaitu pada tanggal 25 Oktober 2018 bertempat di Pengadilan Tinggi Jayapura.

Perma Nomor 3 Tahun 2018 dibentuk didasari atas latar belakang, diantaranya:

  • Pengadilan berusaha mengatasi segala hambatan dan rintangan unyuk dapat tercapainya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan
  • Tuntutan pencari keadilan dan perkembangan jaman mengharuskan pelayanan administrasi perkara di pengadilan berbasis teknologi informasi
  • Tuntutan Survei Kemudahan Berusaha (Easy of Doing Businnes)

 

Layanan administrasi perkara secara elektronik dapat digunakan oleh advokat maupun perorangan yang terdaftar, namun untuk saat ini administrasi perkara secara elektronik di pengadilan baru dikhususkan untuk advokat sedangkan untuk perorangan atau badan hukum akan diatur lebih lanjut. Mekanisme pelaksanaan administrasi perkara secara elektronik dilakukan melalui portal aplikasi e-Court Mahkamah Agung dengan alamat situs https://ecourt.mahkamahagung.go.id. Informasi tentang e-Court dapat dilihat pada menu e-Court pada website ini.

Seusai kegiatan sosialisasi, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan aplikasi e-court dan tata cara aktivasi e-court di pengadilan serta tata cara registrasi pengguna terdaftar aplikasi e-court.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan pengadilan negeri se-Provinsi Papua dan Papua Barat dapat segera menerapkan administrasi perkara secara elektronik sehingga advokat dapat beracara di pengadilan secara online dengan biaya perkara yang lebih ringan.

 

  • Galeri