img_head
BERITA

TELECONFERENCE PIMPINAN PENGADILAN TINGGI JAYAPURA DENGAN PIMPINAN PENGADILAN NEGERI DALAM WILAYAH HUKUM PENGADILAN TINGGI JAYAPURA

Mar30

Telah dibaca : 296 Kali


JAYAPURA - Pada hari Jum'at Tanggal 27 Maret 2020, Pengadilan Tinggi Jayapura melaksanakan teleconverence dengan seluruh Pengadilan Negeri Dalam Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jayapura. Teleconverence dilaksanakan dengan agenda monitoring dan evaluasi pelaksanaan SEMA Nomor 1 Tahun 2020 dan SE KPT Jayapura Nomor 3 Tahun 2020 terkait dengan langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan tugas pokok pengadilan.

Dalam SEMA Nomor 1 Tahun 2020 dan SE KPT Jayapura Nomor 3 Tahun 2020 di instruksikan bahwa seluruh pengadilan agar tetap melaksanakan tugas dan membuka pelayanan termasuk dalam hal persidangan dengan prioritas atau pembatasan tertentu. Berikut hasil teleconference Pengadilan Tinggi Jayapura dengan seluruh Pengadilan Negeri Dalam Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jayapura:

  1. Perubahan jam kerja dan jam pelayanan pengadilan
  2. Pengaturan kehadiran Hakim dan Aparatur Peradilan dengan mempertimbangkan sebagaimana diatur dalam SEMA Nomor 1 Tahun 2020
  3. Persidangan perkara pidana yang terdakwanya ditahan agar tetap dilaksanakan, namun untuk persidangan perkara pidana yang terdakwanya tidak ditahan dan perkara-perkara lainnya dapat ditunda pelaksanaannya yang diatur oleh mesing-masing majelis hakim yang menangani perkara terkait.
  4. Pelaksanaan persidangan secara teleconverence agar tetap dilaksanakan di kantor pengadilan dengan menghadirkan para pihak kecuali untuk terdakwa yang tidak diijinkan keluar dari rutan dapat dilaksanakan melalui video converence.
  5. Pengadilan Negeri tidak boleh menolak pelimpahan perkara dari kejaksaan.
  6. Pengadilan agar menyediakan sarana prasarana dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 dengan menyediakan fasilitas hand sanitizer, alat pengukur suhu badan dan sarana cuci tangan serta dapat membatasi pengunjung sidang.
  7. Aparatur peradilan untuk sementara dilarang kembali ke tempat/daerah asal, jika terdapat aparatur peradilan yang baru datang dari daerah yang merupakan pandemi covid-19 agar melakukan isolasi mandiri dirumah selama 14 hari sebelum masuk kantor serta memeriksakan kesehatan ke rumah sakit terdekat.
  8. Pengadilan agar berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat untuk melaksanakan tes kesehatan bagi seluruh Hakim dan Aparatur Peradilan.

 

Dengan dilaksanakannya teleconverence ini diharapkan seluruh Pengadilan Negeri dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Jayapura tetap dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara efektif dan efisien dengan tetap menjaga upaya pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan pengadilan masing-masing dan selalu berkoordinasi dengan Pengadilan Tinggi Jayapura terkait perkembangan situasi di daerah masing-masing. (as)

  • Galeri