img_head
KEGIATAN
Cetak halaman iniPrint

PEMBINAAN DAN PEMANTAPAN PERSIAPAN AKREDITASI PENJAMINAN MUTU PENGADILAN TINGGI JAYAPURA

Sep28

Telah dibaca : 43 Kali


JAYAPURA - Wakil Ketua Pengadilan Tinggi (WKPT) Jayapura Nyoman Gede Wirya, SH. MH. melakukan pembinaan dan sosialiasi terkait pemantapan persiapan Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Tinggi Jayapura. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Hakim Tinggi dan aparatur Pengadilan Tinggi Jayapura pada tanggal 26 September 2017 bertempat di ruang sidang Pengadilan Tinggi Jayapura.

Dalam pembahasan rapat kalii, WKPT Jayapura memberikan penjelasan tentang penting dan manfaat akreditasi, dimana akreditasi merupakan ISO plus yang merupakan manajemen ISO, pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dengan 8 area perubahannya dan pembangunan Zona Integritas yang sangat bermanfaat bagi aparatur peradilan dalam melaksanakan manajemen mutu yang berstandar dalam rangka pelayanan publik, selain itu akreditasi juga diharapkan mampu merubah Pola Pikir (main set) dan Budaya Kerja (cultur set)

Dalam sistem penilaian akreditasi dimana peran kepemimpinan (Leadership) memberikan sumbangan besar terhadap kesuksesan akreditasi dimana scornya adalah 200, selain kepemimpinan yang harus diperhatikan dalam pencapaian akreditasi adalah Fokus Pelanggan dan Proses Manajemen yang masing-masing memiliki score 200. Nilai Exellent akan didapatkan apabila mendapatkan score minimal 700. Dalam akreditasi penting juga untuk memperhatikan SOP Manajemen Resiko dimana SOP tersebut merupakan prosedur preventif dalam analisa kemungkinan-kemungkinan terjadi hal yang memiliki dampak resiko negatif terhadap kemanan, keselamatan dan kenyamanan dalam proses pelayanan publik.

WKPT Jayapura juga memberikan arahan terhadap pemantapan persiapan akreditasi, diantaranya:

  1. Menentukan nama gedung kantor dan bagian-bagian yang menempatinya
  2. Area parkir tamu dan pegawai
  3. Menentukan manajemen resiko dan memahaminya
  4. Pencanangan Zona Integritas yang melibatkan pihak ke 3
  5. Survey Kepuasan Pelanggan dalam bentuk kuisioner baik langsung maupun online
  6. Pemahaman Motto Pengadilan
  7. Implementasi RB
  8. Pemahaman SAKIP
  9. Format surat dinas sesuai Permenpan RB No 80 Tahun 2012
  10. Penempatan barang-barang inventaris yang akan dihapuskan
  11. Membuat buku kerja baik manual maupun online (e-LLK SiMARI)
  12. ID khusus untuk tamu
  13. Hakim Pengawas Bidang harus membuat laporan setiap bulan
  14. Penetapan Role Model
  15. Penempatan papan tanda arah Jalur Evakuasi dan Titik Kumpul
  16. Mempersiapkan dokumen masing-masing bagian baik yang berbentuk digital maupun konvensional.

Selain melakukan pembinaan dan pengarahan, WKPT Jayapura juga menyajikan contoh-contoh akreditasipada pengadilan lain yang sudah mendapatkan akreditasi dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran bahan-bahan yang harus disiapkan untuk mencapai akreditasi Pengadilan Tinggi Jayapura Tahun 2017 dengan nilai "A" Exellent.

  • Galeri