img_head
KEGIATAN
Cetak halaman iniPrint

SIMULASI TANGGAP DARURAT BENCANA KEBAKARAN

Nov09

Telah dibaca : 28 Kali


JAYAPURA - Pengadilan Tinggi Jayapura berkerjasama dengan Pemadam Kebakaran Kota Jayapura melakukan simulasi tanggap darurat bencana kebakaran. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menunjang program TAPM Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI dalam proses Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Tinggi Jayapura. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman kantor Pengadilan Tinggi Jayapura ini diawali dengan sambutan dari Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura Nyoman Gede Wirya, SH. MH. beliau menyampaikan ucapan terimaksih atas kesediaan tim damkar kota jayapura untuk memberikan bantuan dalam proses simulasi tanggab darurat bencana kebakaran pada Pengadilan Tinggi Jayapura, pada hari Kamis 9 November 2017.

Tujuan pelaksanaan kegiatan simulasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keahlian tentang teknik-teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran di tempat atau lingkungan kerja. Simulasi diawali dengan pengarahan dari tim pemadam tentang tata cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) serta perawatannya. Dalam kegiatan ini diikuti oleh antusias seluruh Hakim, Pejabat dan staf dilingkungan Pengadilan Tinggi jayapura.

Kegiatan selanjutnya adalah praktek/simulasi memadamkan api dengan skala kecil dengan menggunakan apar, tampak WKPT Jayapura dan para Hakim serta beberapa aparatur Pengadilan Tinggi Jayapura mencoba mempraktekkan cara memadamkan api dengan benar.

Setelah melakukan simulasi dengan menggunakan apar, dilanjutkan dengan pemadaman api dengan skala besar dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran. Simulasi diskenariokan telah terjadi kebakaran di kantor Pengadilan Tinggi Jayapura, alarm kebakaran berbunyi dan para pegawai berlarian keluar kantor dengan mengikuti jalur evakuasi menuju titik kumpul yang telah ditentukan, petugas keamanan menghubungi dinas pemadam kebakaran dan datanglah tim damkar dengan mobil pemadam kebakaran dan segera memadamkan api.

Simulasi ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pelatihan apabila benar-benar telah terjadi kebakaran di kantor Pengadilan Tinggi Jayapura aparatur sudah memahami apa yang harus dilakukan dan kemana harus pergi menyelamatkan diri sehingga tidak menimbulkan korban jiwa nantinya.

  • Galeri