img_head
KEGIATAN
'
'.

PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS OLEH APARATUR PENGADILAN TINGGI JAYAPURA

Jan26

Telah dibaca : 174 Kali


JAYAPURA -  Disaat diperlukannya sebuah komitmen bersama dengan menunjukan itikad baik untuk bertanggungjawab dan menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku maka diperlukan suatu penandatangan pakta integritas.

Integritas merupakan mutu, sifat atau keadaan yang menunjukan kesatian yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan atau kejujuran. Sedangkan pakta merupakan bentuk perjanjian. Sehingga dapat kita sebut bahwa pakta integritas merupakan pernyataan janji bersama atau komitmen sebagai bentuk kesanggupan untuk patuh terhadap ketentuan yang berlaku. Dokumen tertulis ini  digunakan dalam rangka mencegah terjadinya tidakan korupsi.

Penerapan penandatanganan perjanjian ini dalam penyelenggaraan pemerintah merupakan langkah untuk memastikan bahwa aparatur sanggup untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta peran dan wewenangnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Selain itu dokumen tersebut merupakan wujud penyelenggraan pemerintah yang akuntabel, transparan dan bertanggungjawab dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik.

Penandatanganan Pakta integritas merupakan pelaksanaan dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Nomor 49 Tahun 2011 tentang Pedoman umum Pakta Integritas di Lingkungan Kementerian/Lembaga atau Pemerintah Daerah. Yang mana peraturan ini dilaksanakan dalam rangka pemberantasan korupsi dengan melakukan pembangunan zona integritas wilayan bebas korupsi.

Pengadilan Tinggi Jayapura melaksanakan penandatanganan pakta integritas yang dilakukan secara simbolis melalui perwakilan dari Hakim, Panitera Pengganti, Pejabat Setingkat Eselon II, Pejabat Eselon III, Pejabat Setingkat Eselon IV, dan Fungsional Umum/Staf. Penandatanganan pakta integritas dihadiri seluruh aparatur Pengadilan Tinggi Jayapura dan disaksikan langsung oleh Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura.

Bertempat di ruang sidang M. Soeprapto, Jum'at 26 Januari 2018 Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura Setyawan Hartono, SH. MH. usai dilaksanakan penandatanganan pakta integritas menyampaikan pesan dan amanat kepada seluruh aparatur Pengadilan Tunggi Jayapura bahwa pakta integritas jangan hanya sekedar ditandatangani namun apa yang tertulis dalam pakta integritas tersebut agar dihayati dan dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Penandatanganan pakta integritas akan dilaksankan setiap awal tahun dengan tujuan dengan dilaksanakannya penandatanganan pakta integritas adalah untuk memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran serta mempelancar tugas yang berkualitas, efektif dan akuntabell dan termasuk untuk mewujudkan pribadi yang bertanggung jawab dan bermartabat.

  • Galeri