img_head
STANDAR PELAYANAN PENGADILAN

STANDAR PELAYANAN PENGADILAN

Telah dibaca : 93 Kali

STANDAR PELAYANAN PENGADILAN

PADA PENGADILAN TINGGI JAYAPURA

 

A. TUJUAN :

  • Agar pelaksanaan tugas dan fungsi oleh apatur Pengadilan  menjadi lebih efektif, cepat dan tepat berdaya guna dan berhasil guna;
  • Menjadi pedoman kerja yang terukur dan terkontrol dalam peningkatan kinerja individu;
  • Meningkatkan kualitas pelayanan aparatur pengadilan dalam pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan;
  • Meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas sekaligus peningkatan kepercayaan masyarakat kepada lembaga peradilan, khususnya pada Pengadilan Tinggi Jayapura;

 

B. MAKSUD :

  1. Sebagai jaminan dan komitmen Pengadilan Tinggi Jayapura dalam percepatan reformasi birokrasi maupun pemberian pelayanan terstruktur dan berkualitas kepada masyarakat pencari keadilan;
  2. Dijadikan instrument dan pedoman oleh aparatur Pengadilan dalam pelaksanaan tugas berbasis manajemen terpadu dan terukur;
  3. Sebagai alat kontrol masyarakat untuk menguji dan menilai kualitas pelayanan aparatur Pengadilan Tinggi Jayapura;
  4. Sebagai bahan evaluasi kinerja Pimpinan dan segenap jajaran Pengadilan Tinggi Jayapura dalam penyelenggaraan pelayanan.

 

C. RUANG LINGKUP :

  1. Pelayanan yang diatur dan ditetapkan dalam Standar Pelayanan Pengadilan ini adalah pelayanan pengadilan pada Pengadilan Tinggi Jayapura;
  2. Termasuk dalam Standar Pelayanan Pengadilan ini adalah pelayanan yang diberikan dalam Perkara Perdata dan Perkara Pidana serta Perkara Tindak Pidana Khusus / Perkara Tindak Pidana Korupsi (TIPIKOR);
  3. Standar Pelayanan Pengadilan Tinggi Jayapura, merupakan standar pelayanan yang bersifat nasional dan terbuka;
  4. Rujukan pelayanan Pengadilan Tinggi Jayapura meliputi terangkum dalam beberapa bentuk pelayanan diantaranya Pelayanan Administrasi Perkara; Pelayanan Persidangan; Pelayanan Informasi; Pelayanan Pengaduan
  5. Segala ketentuan mengenai teknis hukum acara atau yang  berkaitan dengan putusan pengadilan bukanlah obyek dari pelayanan pengadilan dan oleh karenanya tidak termasuk dalam ruang lingkup pelayanan pengadilan yang dapat diadukan oleh masyarakat.

 

D. PENGERTIAN

Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan  yang terencana, terorganisir dan terjadwal dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar sesuai dengan hak-hak sipil setiap warga Negara dan penduduk atas suatu barang dan atau jasa atau pelayanan administrasi yang diselenggarakan oleh penyelenggara pelayanan publik;

Standar Pelayanan Publik adalah suatu instrument manajemen dan tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan pada Pengadilan Tinggi Jayapura dan rapor penilaian akan kualitas pelayanan juga merupakan komitmen atau janji dari penyelenggara pelayanan kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan yang berkualitas;

Pelayanan pada Pengadilan Tinggi Jayapura adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan yang tersedia dan disediakan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan bagi masyarakat, khususnya pencari keadilan, berdasarkan peraturan perundang-undangan dan prinsip-prinsip pelayanan publik yang telah ditetapkan;

Penyelenggara pelayanan pengadilan yang selanjutnya disebut penyelenggara pada Pengadilan Tinggi Jayapura adalah rangkaian kegiatan pelayanan yang dilaksanakan di Pengadilan;

Pelaksana pelayanan pengadilan yang selanjutnya disebut Pelaksana adalah pejabat, pegawai, petugas, dan setiap orang  yang bertugas melaksanakan tindakan atau serangkaian tindakan pelayanan pengadilan;

Masyarakat adalah seluruh pihak, baik warga Negara maupun penduduk sebagai orang perseorangan, kelompok maupun badan hukum yang berkedudukan sebagai penerima manfaat pelayanan Pengadilan Tingkat Banding, baik secara langsung  maupun tidak langsung.

 

Informasi selengkapnya tentang Standar Pelayanan Pengadilan pada Pengadilan Tinggi Jayapura dapat didownload pada lampiran berikut: