img_head
KEGIATAN

PENETAPAN/PENENTUAN IDENTIFIKASI DAN ANALISA RESIKO DALAM MANAJEMEN RESIKO

Mei04

Telah dibaca : 197 Kali


JAYAPURA - Pengadilan Tinggi Jayapura dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura melaksanakan sosialisasi tentang Identifikasi dan Analisa Resiko dalam pelaksanaan Manajemen Resiko di Pengadilan Tinggi Jayapura. KPT Jayapura menyampaikan identifikasi dan analisa resiko pada level jabatan ketua dimana dalam prediksi kemungkinan resiko di level tersebut terdapat 3 Isu Internal dan 3 Isu Eksternal, antara lain:

ISU INTERNAL

  1. Alokasi anggaran pembinaan/pengawasan dan pemeliharanan gedung dan bangunan sangat kecil
  2. Kurangnya SDM baik secara kualitas maupun kuantitas
  3. Kurangnya disiplin dan ethos kerja aparatur

ISU EKSTERNAL

  1. Luas wilayah dan kendala tranportasi serta sering terkendalanya jaringan internet
  2. Tingginya biaya hidup
  3. Banyaknya hari libur/cuti bersama daerah

dari isu internal maupun eksternal tersebut kemudian dilakukan identifikasi tingkat konsekwensi dan tingkat frekwensinya serta level resiko dan tren resiko dari isu-isu tersebut sehingga Pengadilan Tinggi Jayapura pada level jabatan ketua memiliki ukuran dalam penanganan resiko yang kemungkinan akan dan telah terjadi.

Selanjutnya dari identifikasi tersebut dilakukan analisa tentang bagaimana cara penanganan/pengendaliannya. Dalam analisa resiko terdapat beberapa kriteria yang harus diperhitungkan dalam pengendalian terhadap isu-isu tersebut diantaranya Tingkat Keseriusan Isu (Severity) dan Tingkat Kemungkinan Isu (Probability) sehingga didapatkan Tingkat Kerugian (Risk) dari tiap isu yang kemungkina akan/telah terjadi. 

Tahapan selanjutnya adalah menentukan langkah atau cara pengendalian yang terbagi menjadi dua yaitu Pengendalian Awal dan Pengendalian Tambahan. Pengendalian ini ditentukan dengan tujuan untuk meminimalisir tingkat kerugian yang akan ditimbulkan dari isu-isu tersebut sehingga kelancaran proses pelayanan organisasi tetap dapat berjalan dengan baik.

KPT Jayapura berharap tiap-tiap level jabatan juga harus menentukan identifikasi resiko dari masing-masing jabatan/bagian sebagai bentuk tindakan pencegahan/penanganan terhadap isu-isu yang kemungkinan akan/telah terjadi pada masing-masing level/bagian dan hal ini merupakan bagian dari proses pelaksanaan akreditasi penjaminan mutu pada Pengadilan Tinggi Jayapura

  • Galeri